Malas Bersih-Bersih? Coba Pakai Karpet Lantai Plastik

Sumber: https://i0.wp.com/f1-styx.imgix.net/article/2019/01/09154034/karpet-plastik-motif-panel-kayu-768x512.jpg?resize=768%2C512&ssl=1

Karpet menjadi salah satu komponen yang wajib dimiliki dalam sebuah rumah, salah satunya adalah karpet lantai. Ada beberapa bahan karpet, seperti karpet yang terbuat dari bahan kain, karet, maupun plastik. Perbedaan bahan pada karpet tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Seperti yang akan dibahas kali ini, yaitu tentang karpet yang terbuat dari bahan plastik. Mengingat harga lantai keramik yang cukup mahal, karpet berbahan plastik tersebut dapat dijadikan pengganti lantai keramik yang tentunya memiliki harga sangat murah 

Cara yang Baik dan Benar Merawat Karpet Lantai Plastik
Karpet plastik yang dijadikan untuk pengganti keramik memiliki keunggulan mudah untuk dipasang. Namun, sebagian besar orang belum mengetahui bagaimana cara merawat nya. Karena bahan yang digunakan berupa plastik, tentu akan rentan terjadi kerusakan atau robek. Berikut beberapa cara merawat karpet lantai yang baik dan benar. 

1. Perhatikan Penempatan Karpet
Pertama, Anda harus benar-benar memperhatikan tata letak ruangan sebelum memasang karpet. Karpet plastik ini memiliki tekstur tipis dan mudah dipotong.  Jadi, coba ukur terlebih dahulu tempat yang akan ditutupi dengan karpet.

Setelah mendapatkan ukuran pasti, baru potong karpet sesuai dengan kebutuhan. Biasanya ketika membeli karpet lantai plastik masih dalam bentuk gulungan. Agar bisa rapi saat dipasang, Anda bisa memaku atau menempelkan lakban di bagian tepi karpet, supaya nanti dapat benar-benar menempel dengan rapi.

2. Jangan Injak Karpet dengan Sepatu
Perlu diingat bahwa, karpet yang terbuat dari plastik itu lebih tipis jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Agar tidak merusak karpet, jangan memakai sepatu maupun sandal yang beralas kasar untuk menginjak karpet. 

Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan alas kaki sama sekali. Jikalau alas kaki diperlukan, Anda bisa memakai sandal dengan alas yang halus atau memakai kaos kaki. 

3. Bersihkan Karpet Secara Rutin
Terakhir, bersihkan karpet lantai plastik secara rutin. Anda bisa membersihkan nya sehari sekali dengan cara di sapu. Berbeda dengan menyapu karpet kain yang menggunakan sapu lidi. Untuk menyapu karpet plastik ini, Anda bisa menggunakan sapu berbulu halus, agar semua kotoran dapat terangkat. 

Kemudian untuk pembersihan dengan cara di pel, Anda bisa melakukannya 4 hari atau seminggu sekali. Mengapa? Karena karpet berbahan plastik itu memiliki kelemahan pada segi warna. Jika terlalu sering Anda basuh dengan kain basah, warna pada karpet akan mudah pudar.

Nah, dengan menggunakan karpet lantai yang terbuat dari plastik ini akan jauh lebih mudah, jika dibandingkan dengan bahan lain. Mulai dari cara penggunaan hingga perawatannya.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »